Resep Cara Membuat Udang Balado Padang Enak

Resep Cara Membuat Udang Balado

Resep udang balado merupakan salah satu resep dari bahan utama udang. Udang yang memang menjadi olahan favorit yang menyediakan menu seafood. Karena memang selain banyak digemari di kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan juga mempunyai banyak kandungan gizi yang ada di dalamnya. Gizi yang baik bagi tubuh ketika di konsumsi. Salah satu menu yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu olahan udang dengan bumbu balado dengan nama udang balado.

Cara membuat udang balado yang memang cocok sekali ini akan terasa mantap. Selain bahan utama seafood kemudian di oleh dengan bumbu Padang yang khas tentu saja akan menjadi nikmat sekali. Ditambah lagi dengan cara memasaknya yang digoreng hingga warna berubah menjadi merah agak hitam sehingga makanan ini memang mantap dan pantas saja banyak kalangan masyarakat yang menjadikan makanan favorit mereka. Udang balado sudah tersebar di berbagai daerah tentunya bagi mereka yang memang menjual makanan ini terutama di resto, atau tempat makan yang menyediakan makanan seafood.

Resep Udang Balado, Cara Membuat Udang Balado

Resep udang balado akan terlihat menarik juga dari warnanya, warna yang merah agak hitam membuat lebih menarik. Selain itu juga menjadi ciri khas dari udang balado ini ditambah lagi dengan hiasan dan tambahan irisan yang membuatnya lebih cantik pada saat dihidangkan menjadi lebih maknyuss..
Baca Juga : Resep Siomay
Cara membuat udang balado, yang mungkin anda sudah penasaran sekali. Kebiasaan anda bisa saja membeli di resto-resto atau di tempat makan. Namun, anda pasti penasaran bagaimana cara membuat udang balado sendiri di rumah. Selain bisa menambah keterampilan memasak bagi yang suka masak, anda juga menyajikan hasil masakan yang anda buat untuk keluarga sehingga memang akan menjadi nilai tambah dan makan lebih lahap tentunya karena menu yang ditawarkan tidak itu-itu saja. Sudah penasaran bagaimana membuat udang balado. ayo simak terus...

Resep yang tidak begitu sulit bisa anda buat sendiri, yang pertama anda bisa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. bahan-bahannya juga sederhana dan mudah di dapat di pasar-pasar terdekat di kota anda. Seperti apa, ayo simak di bawah ini.

Resep Udang Balado

Bahan Ukuran
Udang windu segar 250 gram
Air jeruk nipis 1 buah
Daun salam 2 lembar
Air 125 ml
Bumbu-bumbu :
Bahan Ukuran
Minyak goreng 3 sendok makan
Kemangi secukupnya
Garam secukupnya
Gula pasir ½ sendok makan
Jahe 2 cm
Serai iris halus 1 batang
Lengkuas 2 cm
Cabe merah besar 3 buah
Cabe rawit merah 10 buah
Bawang merah 3 buah
Bawang putih 3 siung
Bawang bombai cincang halus ¼ buah
Bawang merah goreng secukupnya
Cara membuat berikut ini adalah step stepnya, silahkan disimak untuk menghasilkan masakan udang yang benar-benar mantap. Seperti apa, simak terus di bawah ini.

Cara Membuat Udang Balado

  1. Langkah pertama yaitu dengan mengupas atau membersihkan udang dengan cara mencuci udang hingga benar-benar bersih. Kemudian diberi perasan air jeruk nipis yang fungsinya sebagai penghilang bau amis.
  2. Dilanjutkan dengan membuat bumbu dengan mengulek bahan seperti bawang putih, cabe rawit, jahe, cabe merah besar dan cabe rawit.
  3. Goreng bumbu yang sudah dihaluskan, ambil wajan yang sudah diberi minyak untuk menggoreng, panaskan kemudian tambahkan bawang bombai dan tumis hingga layu dan harum, masukkan juga lengkuas dan daun salam. Tunggu beberapa saat hingga benar-benar harum.
  4. Bumbu yang sudah dimasak kemudian dilanjutkan dengan memasukkan udang dan tambahkan sedikit air agar udang bisa empuk dan bumbu meresap dengan baik.
  5. Tambahkan juga gula dan garam sebagai perasa selanjutnya masak dan tunggu beberapa saat hingga airnya tinggal sedikit.
  6. Apabila udang sudah empuk dan matang dan rasanya sudah pas bisa diangkat dan disajikan.

Resep yang begitu nikmat sudah dibuat dengan cara mengikuti step stepnya di atas dan menyiapkan bahan dengan benar dan lengkap. Resep udang balado baiknya disajikan dalam keadaan hangat selain cara membuat yang mudah anda bisa memberi hiasan pada piring yang akan disajikan dengan taburan seperti bawang goreng dan kemangi di atas piring. Pasti akan cantik sekali, menggugah selera dan tidak sabar ingin segera menyantapnya.

Oke sekian dulu tips kali ini tentang bagaimana cara membuat udang balado yang mantap. Semoga bisa menjadi referensi dan informasi yang baik. Silahkan baca artikel menarik lainnya yang sudah saya tulis di sini. Selamat menikmati.

Artikel Menarik : Cara Membuat Udang Bakar Madu

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Gado Gado Siram Spesial Jawa Timur Enak

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk