Resep Cara Membuat Sop Buntut Sapi Goreng Enak Istimewa

Resep Cara Membuat Sop Buntut

Resep sop buntut, dari namanya anda sudah pasti tahu bahan utama yang digunakan. Benar, buntut ekor sapi. Seperti kita ketahui jenis olahan daging yang sering kita temui yaitu menggunakan daging. Namun, pada artikel ini sengaja kita bahas olahan daging yang sedikit lebih unik dari biasanya yaitu menggunakan buntut sebagai bahan utamanya. Sop buntut memang sudah terkenal dan populer di dalam maupun di luar negeri.

Cara membuat sop buntut, Seperti informasi yang kita dapatkan bahwa sop buntut ini terkenal. Setidaknya ada lima jenis atau versi sop buntut yang populer dan sudah tersebar seperti salah satunya ekor sapi panggang yang dicampur degan berbagai variasi sup yang memang populer di Indonesia. sop buntut dari Indonesia ini terbuat dari ekor sapi yang dipotong kemudian di beri bumbu dan di goreng dan nantinya dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi yang bening dan di dalamnya terdapat irisan sayur buah seperti wortel, kentang, tomat, seledri, dan tomat. Dengan bumbu seperti itu maka akan didapatkan rasa yang nikmat dan mantap dari olahan sop buntut.

Resep Sop Buntut, Cara Membuat Sop Buntut

Resep sop buntut memang sudah banyak menyebar di berbagai media. Salah satunya dari artikel ini, artikel resep yang bisa anda praktekkan untuk membuat masakan sop buntut yang khas. Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah, praktek dengan Kemauan yang keras untuk belajar memasak sehingga resep dan rasa yang di dapatkan sungguh mantap.
Baca Juga : Resep Bolu Panggang
Cara membuat sop buntut sangatlah mudah, pastinya anda penasaran sekali dengan rasanya untuk itu, Kami berikan cara dan bahan lengkap dengan bahan untuk pengolahan dari sop buntut ini. Untuk itu silakan simak terus artikelnya ya...

Resep yang akan kita buat yaitu menyiapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Berikut ini anda bisa melengkapi bumbu-bumbu dan bahan yang bisa anda beli di toko dan pasar terdekat yang ada di daerah anda..

Resep Sop Buntut

Bahan-bahan
Bahan Ukuran
Buntut sapi 1 kg
Mentega 2 sendok makan
Bawang goreng 1/2 cm
Daun seledri, iris 2 btg
Lada bubuk 1/2 sendok teh
Jahe, memarkan 3 cm
Bawang putih yang dihaluskan 4 siung
Garam 2 sendok teh
Air 2 liter
Bumbu Halus
Bahan Ukuran
Jahe 2 cm
Bawang putih 5 siung
Bawang merah 10 buah
Bahan Kuah:
Bahan Ukuran
Daun bawang, potong bulat 2 cm 2 batang
Garam 1 sendok teh
Pala bubuk 1/4 sendok teh
Lada bubuk 1 sendok teh
Tomat, potong 8 bagian 2 buah
Kentang, potong dadu 2 cm 250 gram
Seledri, ikat 2 batang
Wortel, potong bulat 2 cm 250 gram
Air kaldu daging 1 1/2 liter
Cara membuatnya bisa anda perhatikan di bawah ini. Langkah-langkah yang ditulis dengan sangat sederhana sehingga mudah untuk di praktekkan dan dipahami. Seperti simak berikut ini..

Cara Membuat Sop Buntut

  1. Untuk membuat sop buntut yang enak, langkah yang harus dilakukan adalah pertama merebus buntut dengan air yang ditambahkan garam, bawang putih, jahe dan lada. Masak sop buntut sampai empuk. Masak menggunakan api kecil apabila sudah bisa di angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya menggoreng buntut yang dipanaskan dengan menggunakan mentega yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Goreng buntut hingga terendam kemudian warnanya hingga berubah menjadi kecokelatan. Jika sudah bisa di angka kemudian tiriskan.
  3. Diteruskan dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan terlebih dahulu hingga harum dan matang. Apabila sudah bisa di angkat dan sisihkan.
  4. Masak air kaldu dari daging kemudian masukkan bumbu, dan aduk rata masukkan bahan lain seperti seledri, kentang dan wortel. Aduk dan masak hingga matang.
  5. Tambahkan lada, garam, dan pala untuk rasanya didihkan lagi. Selanjutnya bisa menambahkan juga daun bawang dan tomat, aduk lagi hingga rata kemudian angkat.
  6. Sop buntut dengan mangkuk.
Resep sudah berhasil kita buat. Selanjutnya anda bisa menyajikan pada keluarga anda tercinta. Resep sop buntut dan cara membuat yang begitu sederhana bisa di dapatkan dan rasanya sungguh menggoda. Anda bisa menyajikan dan menghiasnya dengan baik, kreativitas anda bisa dipakai sehingga tampak lebih cantik dan menarik.

Oke sekian dulu tips kali ini cara membuat sop buntut. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi yang baik. selamat mencoba. Baca juga artikel menarik lainnya yang sudah banyak ditulis pada blog ini.

Artikel Menarik : Cara Membuat Sop Iga

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Gado Gado Siram Spesial Jawa Timur Enak

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk