Resep Cara Membuat Cimol Goreng Kering Sederhana Asli Enak Khas Bandung

Resep Cara Membuat Cimol

Resep cimol, cimol merupakan makanan yang enak sekali. Makanan ringan yang terbuat dari bahan tepung kanji sebagai bahan utamanya. Tepung kanji yang dibentuk dengan sangat menarik. Bentuknya yaitu berupa bulatan-bulatan sehingga memang menarik hati. Bagi anda yang pernah mencoba makanan ini pasti sudah tahu dengan kenikmatannya. Selain itu mungkin anda sering makan cimol namun, apakah anda tahu cimol berasal, bisa disebut cimol karena diambil dari bahasa Sunda yaitu aci dan digemol yang artinya tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat.

Cara membuat cimol sudah banyak sekali. Bahkan pada saat ini cimol di jual di pinggir jalan sebagai jajanan. Jadi bagi anda yang ingin mencicipi cimol bisa beli dan di dapat di daerah yang memang menjual cimol. Memang tidak semua daerah bisa kita temui makanan ini. Namun, untuk saat ini comol sudah menyebar di daerah Bandung. Rasa yang khas bisa anda temui dalam cimol yaitu gurih dan sangat kenyal.

Resep Cimol, Cara Membuat Cimol

Resep cimol, yang ada di jalanan memang sudah banyak. Namun, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Mungkin di daerah anda belum ada dan ingin menikmati cimol anda bisa membuatnya sendiri dengan mencoba resep ini. Dengan membuat sendiri anda dapat berkreasi sesuai dengan kreativitas anda sendiri. Tentu dengan selera yang bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda. cimol biasanya dilengkapi dengan berbagai bumbu dan rasa yang menggugah selera seperti pedas asin, manis balado, barbeque dan lainnya.
Baca Juga : Resep Udang Saus Tiram
Cara membuat cimol yang pasti anda sudah penasaran ingin tahu bagaimana membuatnya. Anda bisa membuat dengan cara berikut ini. Cimol dibuat dengan menggunakan beberapa bahan yang mudah seperti tepung beras, tepung kanji, merica dan bumbu lainnya. Simak terus ya..

Resep pertama kita harus menyiapkan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Ada beberapa bahan yang sudah saya tulis di bawah ini. Sudah rinci, anda bisa mendapatkannya di pasar atau toko terdekat yang menyediakan bahan tersebut.

Resep Cimol

Bahan Ukuran
Tepung beras yang sudah di ayak halus 9 sendok makan
Minyak Goreng secukupnya
Air untuk merebus 700 ml
Garam sesuai selera
Merica bubuk secukupnya
Tepung terigu 6 sendok teh
Baking soda atau soda kue buat pengembang 2 sendok teh
Tepung Kanji atau lebih dikenal dengan tepung sagu 900 gram
Cara membuat yang bisa anda perhatikan untuk di praktekkan langkah-langkahnya seperti berikut ini.

Cara Membuat Cimol

  1. Untuk membuat cimol yang enak langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan yang bersih untuk mencampur bahan baku. Bahan baku yang akan dicampur yaitu tepung terigu, tepung kanji, tepung beras, garam, kemudian sedikit merica. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  2. Campurkan air sedikit demi sedikit hingga ke dalam bahan hingga terbentuk adonan aduk perlahan hingga hasilnya maksimal.
  3. Apabila bahan sudah terlihat kenyal itu tandanya sudah cukup. Selanjutnya masukkan soda kue atau baking soda.
  4. Saatnya membentuk bahan sesuai degan selera. Bentuk sedemikian rupa sehingga terbentuk seperti bulat-bulat atau anda bisa membentuk dengan model lainnya seperti bintang, angka atau yang lainnya.
  5. Selanjutnya tahap menggoreng, gorenglah adonan yang sudah dibentuk dengan baik. Untuk mendapatkan hasil gorengan yang baik anda bisa menggunakan api kecil. Masak hingga matang kemudian angkat dan sajikan.
Resep di atas sudah dibuat dengan baik. Tentunya resep cimol yang sudah jadi bisa anda hidangkan. Untuk hidangan anda bisa menghiasnya agar terlihat lebih menarik. Cara membuat yang mudah bukan, anda bisa memberi taburan seperti bubuk cabe atau saus cabe sehingga lebih mantap.

Oke sekian dulu cara membuat cimol. Semoga bisa menambah wawasan dan inspirasi anda dalam membuat menu masakan yang lebih mantap. Baca juga artikel menarik lainnya pada blog ini.

Artikel Menarik : Cara Membuat Ayam Goreng Mentega

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Gado Gado Siram Spesial Jawa Timur Enak

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk