Resep Masakan Cara Membuat Udang Goreng Saus Padang Enak

Resep Cara Membuat Udang Saus Padang

Resep udang saus Padang, perpaduan yang serasi antara udang dan saus Padang bisa membuat anda meliriknya. Merupakan olahan yang banyak di gemari oleh masyarakat kita. Untuk masakan udang kali ini kita akan oleh dengan bumbu saus Padang. Bumbu Padang memang sudah terkenal sekali dan menyebar luas di daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Cara membuat udang saus Padang yang tidak kalah enak dengan olahan udang lainnya. Tidak jarang kita temui tempat makan yang menyediakan makanan ini. Selain menjadi menu andalan di resto-resto atau tempat makan lainnya memang udang mempunyai banyak varian dalam cara memasaknya. Resep olahan udang yang sangat khas dan banyak macamnya, memang undang menjadi makanan khas sebagai bahan utama yang sering sekali bisa diolah dengan berbagai bumbu. Mungkin anda pernah membuat resep udang yang lain seperti udang bumbu tepung, atau udang goreng. Namun, kita akan mencoba resep lain dari udang yaitu udang saus Padang.

Resep Udang Saus Padang, Cara Membuat Udang Saus Padang

Resep udang saus Padang, seperti yang kita tahu bahwa udang mempunyai ciri khas yang mantap dengan rasa dan warnanya. Dari tampilannya saja sudah menarik untuk di coba apalagi kita buat sendiri. Itu akan menjadi nilai tambah dan rasanya yang lebih mantap karena kita juga bisa membuatnya. Bagi anda yang penasaran untuk membuat udang saus Padang silakan simak terus ya..
Baca Juga : Resep Udang Goreng Mentega
Cara membuat udang saus Padang yang sederhana. Untuk membuat makanan ini menjadi lebih mantap tentu dengan menggunakan bumbu yang khas seperti jahe, lengkuas, tomat dan bahan lainnya yang bisa anda perhatikan selengkapnya di bawah ini. Yuuukk... lanjut udang saus Padang...

Resepnya sangat sederhana, langkah pertama untuk membuatnya yaitu dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Silakan siapkan bahan di bawah ini.

Resep Udang Saus Padang

Bahan Ukuran
Daun bawang dipotong sekitar 3cm 2 batang
Tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air 1 sendok makan
Margarin untuk menumis 2 sendok makan
Air 200 ml
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh
Garam secukupnya
Udang di cuci bersih, buang kepala dan kotorannya 450 gram
Jahe di geprek 3 cm
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Saus sambal pedas 1 sendok makan
Daun jeruk 2 lembar
Tomat merah diiris tipis 1 buah
Lengkuas di geprek 3 cm
Saus tomat 1 sendok makan
Saus tiram 2 sendok makan
Bumbu Haluskan :
Bahan Ukuran
Cabe merah besar 3 buah
Cabe rawit merah 5 buah
Bawang merah 6 butir
Bawang putih 4 siung
Apabila bahan sudah benar-benar siap tahap berikutnya yaitu ke cara membuat, untuk itu anda bisa simak caranya berikut ini.

Cara Membuat Udang Saus Padang

  1. Langkah pertama untuk membuat udang saus Padang yaitu dengan membuat tumisan terlebih dahulu. Menumis beberapa bahan seperti jahe, lengkuas kemudian daun jeruk nipis. Tumis hingga harum dengan memanaskan margarin terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya bisa memasukkan udang yang sudah di cuci bersih kemudian aduk hingga rata dan warnanya berubah. Selanjutnya bumbu halus yang sudah dibuat di atas anda bisa masukkan juga tambahkan juga irisan tomat agar lebih mantap. Aduk kembali.
  3. Apabila aromanya sudah terasa, bisa memasukkan air, merica, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk kembali. Selanjutnya anda bisa juga memasukkan saus tiram, saus tomat dan saus tomat dan potongan daun bawang. Aduk kembali hingga benar-benar rata sampai mengental dan mendidih. Tambahkan juga larutan maizena yang sudah disiapkan yang fungsinya untuk membuat kuah semakin kental.
  4. Aduk lagi, perhatikan apabila kuah meletup-letup tandanya sudah masak. Angkat dan siap untuk disajikan.
Resep sudah dibuat, selamat mencoba dan semoga keluarga anda sedang dengan resep baru buatan anda. Resep udang saus Padang bisa menjadi pilihan menu untuk hidangan makan sehari-hari. Karena memang selain cara membuat yang sederhana, mudah dan bahannya juga banyak tersedia di pasar.

Demikian tips kali ini tentang bagaimana cara membuat udang saus Padang yang mantap. Semoga bermanfaat. Silakan baca artikel menarik lainnya di blog ini.

Artikel Menarik : Cara Membuat Udang Goreng Tepung

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Gado Gado Siram Spesial Jawa Timur Enak

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk