Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Kental Spesial Sederhana Enak

Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Resep bubur kacang hijau, kacang hijau merupakan makanan olahan yang bahan utamanya terbuat dari kacang hijau. Kacang hijau adalah makanan khas nusantara yang sangat diminati oleh kalangan masyarakat kita. Makanan ini dimasak dengan menggunakan air yang direbus sampai mendidih kemudian dicampur dengan gula aren juga bisa ditambahkan dengan daun pandan agar aromanya lebih terasa kuat. Bahan-bahan yang diperlukan tersebut dimasak hingga mendidih dan mekar sehingga kacang hijau menjadi empuk dan lunak.

Cara membuat bubur kacang hijau sangatlah sederhana, dibuat dengan menggunakan kuah santan. Beberapa variasi cara membuat dan penyajiannya ada juga yang menggunakan dan menambahkan bahan seperti tepung tapioka ke dalam bubur. Memang paling tepat untuk makanan bubur kacang hijau ini pada waktu masih hangat karena akan terasa nikmat sekali. Walaupun memang dimakan secara dingin juga enak. Ada juga yang makan sambil diberi atau dicampur dengan es batu di dalamnya. Jadi memang bagi yang suka hangat maupun dingin juga cocok makanan ini untuk dikonsumsi.

Resep Bubur Kacang Hijau, Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Resep bubur kacang hijau yang kaya akan manfaat di dalamnya, baik juga bagi kesehatan dan banyak kandungan yang dimiliki untuk kebutuhan tubuh kita. Olahan kacang-kacangan yang memang populer ini sering kita buat dan disajikan dalam kehidupan sehari-hari. Memang resep ini sudah tidak asing lagi namun, tidak ada salahnya ditulis mungkin ada yang masih bingung dengan cara mengolah bubur kacang hijau sehingga bisa mengikuti cara yang ditulis pada artikel ini.
Baca Juga : Resep Bubur Manado
Cara membuat bubur kacang hijau yang memang sudah tidak sabar lagi ingin segera di praktekkan di rumah untuk dijadikan olahan yang mantap jadi bisa segera dinikmati. Resepnya sangat sederhana hanya memerlukan beberapa bahan sederhana seperti daun pandan, gula, dan beberapa bahan lainnya. Walaupun sangat sederhana pasti anda ketagihan dengan rasanya yang mantap. Seperti apa yuk simak terus pembuatan bubur kacang hijau...

Resep yang mudah ini kita akan buat, siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti di bawah ini. Yang pastinya pilihlah kacang hijau yang bagus untuk hasil yang mantap. Pilih kacang yang benar-benar hijau dan masih dalam keadaan baik.

Resep Bubur Kacang Hijau

Bahan Ukuran
Tepung sagu 2 sendok makan
Gula pasir 200 gram
Garam ½ sendok teh
Daun pandan 3 lembar
Kacang hijau kulit 150 gram
Air 1600 ml
Bahan Kuah Santan:
Bahan Ukuran
Santan dari 1 butir kelapa 500 ml
Daun pandan 2 lembar
Garam ¼ sendok teh
Bahan Pelengkap:
Bahan Ukuran
Kelapa muda dikeruk panjang 100 gram
Nangka diiris panjang 4 buah
Perhatikan berikut adalah cara membuatnya, sangat sederhana hanya dengan beberapa langkah saja bubur kacang hijau sudah bisa jadi. Seperti apa silakan lihat dan praktekkan.....

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

  1. Langkah untuk membuat bubur kacang hijau adalah merebus kacang hijau terlebih dahulu, kacang hijau direbus dengan air hingga matang kemudian dicampur dengan pandan sampai matang dan mekar.
  2. Garam dan gula pasir bisa dimasukkan juga ke dalam panci. Aduk hingga bahan dan bumbu meresap dan kental. Setelah itu bisa masukkan juga tepung sagu. Masak hingga mengental..
  3. Selanjutnya membuat kuahnya dengan santan tambahkan juga daun pandan dan garam kemudian aduk hingga mendidih.
  4. Apabila sudah masak kacang hijau siap untuk disajikan.
Resep dan olahan kacang-kacangan yang mantap. Sajikan secara hangat, tambahkan juga jahe sehingga akan terasa hangat di badan. Bubur kacang hijau memang mantap apalagi dikonsumsi dalam keadaan musim dingin atau musim hujan, hal ini bisa menjadi makanan favorit masyarakat kita.

Resep bubur kacang hijau sering menjadi pilihan makanan, bagi anda yang penasaran ingin bisa mengkonsumsi tanpa harus membeli bisa pelajari cara membuat yang sudah di bahas di atas. Sekian dulu tips kali ini cara membuat bubur kacang hijau semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Temukan juga artikel menarik lainnya di blog ini.

Artikel Menarik : Cara Membuat Capcay Kuah

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk

Resep Cara Membuat Masakan Udang Goreng Saus Mentega Enak Sederhana