Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Bika Ambon

Resep bika ambon, resep panganan yang juga berasal dari Indonesia. Makanan ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari telur, gula kemudian santan. Bika ambon pada umumnya memiliki ciri khas dan rasa pandan. Namun, seiring perkembangan makanan dan variasinya sudah banyak rasa yang beredar untuk jenis makanan ini seperti rasa durian, rasa keju, bahkan rasa cokelat untuk pembuatan bika ambon.

Beragam cara membuat bika ambon, isinya saja yang terkadang memang bervariasi. Bika ambon ini mampu bertahan kurang lebih hingga 4 hari dari kondisi terbaik. Lebih dari itu biasanya kue ini mulai mengeras. Bagi yang pernah makan mungkin sebagian dari mereka belum mengerti kenapa kue ini disebut degan bika ambon, pada mulanya kue ini di jual kemudian populer dan mulai terkenal di simpang Jl. Ambon – Sei Kera Medan.

Resep Bika Ambon, Cara Membuat Bika Ambon

Resep bika ambon sudah menjamur sekarang, kue ini terkenal sekali dan apabila anda berkunjung ke daerah Kota Medan, Sumatera Utara sangat banyak sekali akan kita temui. Karena memang makanan ini sudah menjadi ciri khas dan tidak jarang sebagai oleh-oleh khas Medan. Apalagi mendekati hari raya jajanan ini semakin populer dan banyak sekali kita temukan di berbagai toko atau di jalan-jalan. Apabila anda ingin membawa oleh-oleh kue ini bisa menjadi referensi yang tepat untuk dibawa pulang.
Baca Juga : Resep Ayam Teriyaki
Namun, jangan khawatir bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat bika ambon silakan baca dan simak terus artikel ini hingga habis. Sengaja kali ini sharing tentang pembuatan bika ambon. Untuk lebih jelasnya anda bisa memperhatikan apa saja bahan-bahan yang di perukan kemudian bagaimana cara membuatnya adalah sebagai berikut ini :

Resep pertama yaitu menyiapkan bahan, bahan di bawah ini sengaja dan sudah ditulis secara lengkap dan detail sehingga memudahkan anda untuk berbelanja, simak berikut ini :

Resep Bika Ambon

Bahan Ukuran
Tepung tapioka kualitas baik 500 gram
Santan 1 liter
Ragi instan 1 sendok makan
Pewarna kuning telur secukupnya
Serai 2 batang
Daun pandan 2 lembar
vanili bubuk 4 sendok teh
Daun jeruk 2 lembar
Kuning telur 11 butir
Garam 12 sendok teh
Gula pasir 500 gram
Air 120 ml
Tepung terigu protein rendah 60 gram
Cara membuatnya juga mudah, beberapa step kami sajikan dengan begitu mudah dipahami dan simpel. Bisa perhatikan di bawah ini :

Cara Membuat Bika Ambon

  1. Untuk membuat bika ambon yang enak langkah pertama untuk membuatnya yaitu ambil tempat untuk mencampur bahan antara lain tepung terigu, air kemudian ragi instan menjadi satu kemudian aduk hingga tercampur rata. Bahan tersebut didiamkan hingga kurang lebih mengembang sekitar 1 jam. Kemudian sisihkan.
  2. Selanjutnya masukkan beberapa bahan perasa seperti gula pasir, garam, kuning telur dan vanili bubuk. Kocok hingga adonan mengembang sampai mengental. Selanjutnya adonan ini dimasukkan ke adonan pertama di atas.
  3. Tambahkan tepung tapioka perlahan sedikit demi sedikit dan diaduk sampai tercampur dan lembut.
  4. Kemudian memasak santan yang dicampur dengan daun pandan, daun jeruk dan serai kemudian dinginkan. Adonan siap untuk dituangkan kemudian tambahkan pewarna agar lebih segar. Pewarna bisa menggunakan kuning telur kemudian diaduk hingga rata dan diamkan kurang lebih hingga 4 jam.
  5. Cetakan diolesi dengan menggunakan sedikit minyak hingga rata kemudian cetakan tersebut dipanggang dengan menggunakan alas pasir hingga panas.
  6. Adonan dituangkan ke cetakan hingga mendesis, tutup juga dengan tutup yang berlubang di atasnya. Panggang hingga beberapa lama yang nantinya akan terlihat berlubang dan berserat hingga matang kemudian diangkat.
  7. Panggang menggunakan oven hingga warna bika ambon berubah menjadi kecoklatan. Kemudian keluarkan dari cetakan.
  8. Bika ambon siap untuk disajikan.
Resep yang mini dan praktis ini bisa anda perkirakan sendiri, pembuatan secara alami mampu bertahan hingga 3 s.d 4 hari. Apabila anda menyiapkan untuk hari raya kurang beberapa 1 hari sudah bisa dibuat. Karena apabila lebih dari itu kue ini akan kurang kenikmatannya. Resep bika ambon juga bisa dijadikan andalan untuk menambah koleksi resep menu anda di rumah.

Cara membuat yang simpel dan mudah saya rasa cocok sekali dengan anda terlihat sangat klasik. Demikian cara membuat bika ambon yang sederhana. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Menarik : Cara Membuat Ayam Penyet

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk

Resep Cara Membuat Masakan Udang Goreng Saus Mentega Enak Sederhana