Resep Cara Membuat Ayam Teriyaki Sederhana Enak Ala Hokben Jepang

Resep Cara Membuat Ayam Teriyaki

Resep ayam teriyaki, menggali kuliner memang tidak ada habisnya. Seperti masakan Jepang yang akan kita kupas pada artikel ini. Jepang memang terkenal dengan beragam masakan kulinernya. Ayam teriyaki merupakan masakan yang diolah dengan cara memasak ala makanan Jepang. Cara memasaknya adalah dengan cara dipanaskan atau dipanggang kemudian dilapisi kecap dan sake atau mirin atau gula yang beraroma rasa.

Cara membuat ayam teriyaki bahan-bahan yang akan dipanggang kemudian dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki hingga beberapa lapis dan betul-betul masak. Selain ayam banyak juga bahan yang digunakan untuk memasak dengan cara teriyaki di antaranya adalah ikan salem, ikan tongkol, ikan markarel, ikan trout dan ikan marlin. Sedangkan untuk olahan daging biasanya jenis daging ayam, daging sapi dan daging babi. Bisa juga menggunakan bahan dasar cumi-cumi maupun juga bahan dari ubi konnyaku. Yang akan kita buat kali ini adalah Ayam teriyaki.

Resep Ayam Teriyaki, Cara Membuat Ayam Teriyaki

Resep ayam teriyaki, sebenarnya teriyaki sendiri mempunyai arti yang berarti teri artinya bersinar dan yaki artinya dibakar atau bisa juga dipanggang. Ayam teriyaki memang sudah menjadi ciri khas masakan Jepang. Masakan ini tidak jarang sudah berkembang dan ada di berbagai daerah di Indonesia. Jadi apabila anda ingin menikmati ayam teriyaki bisa membelinya di restoran atau toko makanan terdekat yang menjual ayam teriyaki.
Baca Juga : Resep Capcay Kuah
Kali ini sengaja ingin memberikan tips untuk cara membuat ayam teriyaki sendiri dirumah. Hal ini dikarenakan agar bisa lebih kreatif dan mandiri, membuat sendiri dengan olahan ayam yang diberi bumbu teriyaki dengan olahan anda sendiri. Seperti apa hasilnya, sudah tidak sabar ingin segera mencicipi Ayam teriyaki. Simak terus ya...

Resep yang begitu sederhana ini bisa anda coba di rumah, yang pertama yaitu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti di bawah ini.

Resep Ayam Teriyaki

Bahan Ukuran
Fillet ayam 300 gram
Minyak Goreng 5 sendok makan
Gula Merah 1/2 sendok teh
Air 300 ml
Garam 1 sendok teh
Masako 1 sendok makan
Saus teriyaki 6 sendok makan
Kecap manis 4 sendok makan
Lada halus 1 sendok teh
Bawang Bombay 50 gram
Daun bawang 1 batang
Kecap Inggris 1 sendok teh
Bawang merah 4 siung
Jamur merang 75 gram
Bawang Putih 5 buah
Cara membuatnya juga sangat simpel anda bisa memperhatikan step-step berikut ini. Untuk menghasilkan ayam teriyaki yang enak diperlukan kesabaran dan kreativitas anda untuk mencoba. Seperti apa silahkan simak..

Cara Membuat Ayam Teriyaki

  1. Langkah pertama yaitu menyiapkan bumbu yang dibutuhkan yaitu dengan mengiris semua bumbu, kemudian memotong kasar jamur yang sudah disediakan.
  2. Selanjutnya memotong bahan utama yaitu ayam, ayam dipotong kasar.
  3. Tahapan berikutnya yaitu menggoreng bumbu dengan memanaskan minyak terlebih dahulu. apabila wajan sudah panas bumbu bisa dimasukkan antara lain bawang putih, bawang merah aduk dulu sebentar. Selanjutnya masukkan bawang bombai dan berikutnya disusul dengan ayam dan jamur.
  4. Bahan ayam dan jamur diaduk hingga rata. Selanjutnya memasukkan bumbu perasa seperti lada, masak, garam, gula, kecap inggris, kecap manis, saus teriyaki, kemudian diaduk hingga benar-benar rata. Tambahkan juga sedikit air agar ayam dan jamur empuk, diamkan dan sesekali di aduk hingga arinya meresap dan tinggal sedikit.
  5. Apabila sudah matang dan empuk bisa diangkat dan siap untuk disajikan.
Resep sudah jadi, anda bisa menikmati resep ayam teriyaki yang sudah dibuat di atas dengan saudara dan keluarga tercinta. Agar lebih cantik dan menarik anda bisa menghiasnya sebelum disajikan. Sajikan secara hangat dan sandingkan dengan nasi putih, pasti mantap banget.

Cara membuat yang sangat sederhana di atas sudah bisa menghasilkan masakan khas yang mantap. Oke sekian dulu tips kali ini tentang cara membuat ayam teriyaki. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Menarik : Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk

Resep Cara Membuat Masakan Udang Goreng Saus Mentega Enak Sederhana