Resep Cara Membuat Capcay Kuah Sederhana Jawa Spesial Kental

Resep Cara Membuat Capcay Kuah

Resep capcay kuah, capcay sudah menjamur di Indonesia. Indonesia yang kaya akan kuliner khas di berbagai daerah. Terutama makanan yang satu ini merupakan makanan khas Tionghoa yang memang populer di masyarakat dan cukup diminati oleh berbagai kalangan. Ciri khas masakan yang bahannya berupa bermacam-macam sayuran. Jumlah sayuran yang digunakan beraneka ragam tidak tentu. Jadi capcay kuah yang memang kaya akan sayuran yang baik bak bagi tubuh, seperti yang kita ketahui bahwa sayuran mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Cara membuat capcay kuah bisa kita buat sendiri, sebelum membahas cara membuatnya. Kalau kita perhatikan bahwa secara harfiah dalam dialek Hokkian cap berarti “sepuluh” dan cai berarti “sayuran”. Capcai sering diartikan dengan sepuluh sayuran. Namun, hal ini merupakan salah kaprah jadi capcai tidak harus 10 macam sayuran untuk bahannya seperti arti dari namanya. Kita bisa menggunakan berbagai macam sayuran yang bisa diolah sedemikian rupa sehingga capcay kuah beraneka ragam dan lebih mantap.

Resep Capcay Kuah, Cara Membuat Capcay Kuah

Resep capcay kuah biasanya menggunakan beberapa sayuran di antaranya adalah sawi putih, wortel, sawi hijau, jamur merang, jagung muda, kol, jamur kuping, buncis, kapri, brokoli, bunga kol, daun bawang, tomat kemudian bawang bombay. Selain itu capcay tidak hanya sayuran. Ada beberapa unsur hewani yang dimasukkan di dalamnya seperti ayam, telur, daging sapi, hati, ampela ayam, bakso, cumi-cumi, udang dan bahan lainnya untuk membuat capcay kuah.
Baca Juga : Resep Garang Asem
Cara membuat capcay kuah bisa dibuat dengan kreasi sendiri, rasanya yang nikmat bisa menjadi pilihan menu untuk makanan anda. Rasanya yang mantap dan menggoda dan memang sudah tidak sabar ingin segera mencicipinya. Seperti apa capcay kuah ini, silakan simak terus ya..

Resep yang akan kita buat, pertama yaitu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan antara lain seperti yang sudah saya tulis di bawah ini.

Resep Capcay Kuah

Bahan Ukuran
Kaldu ayam (atau kaldu bubuk) 1 liter
Garam secukupnya
Minyak 3 sendok makan
Merica bubuk 1/2 sendok makan
Gula secukupnya
bawang putih, haluskan 3 siung
Bawang merah, haluskan 4 siung
Dada ayam, potong kecil 200 gram
jamur kancing 75 gram
Kecap ikan 3 sendok makan
Bawang bombay 1/2 batang
Udang, kupas kulitnya 100 gram
Daun bawang 3 batang
Wortel, potong tipis 2 buah
Bunga kol 1/2 batang
Saos tiram 3 sendok makan
Bakso, potong-potong 10 buah
Sawi hijau 10 helai
Sawi putih 5 helai
Cara membuat bisa diperhatikan di bawah ini. Langkah-langkahnya sangat mudah, bahan disiapkan dengan komplit karena hal tersebut sangat mendukung kelancaran pembuatan capcay hingga tersajikan.

Cara Membuat Capcay Kuah

  1. Untuk membuat capcay kuah yaitu menumis bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu, beberapa bahan yang diperlukan yaitu bawang bombay, bawang merah, bawang putih kemudian tumis hingga harum.
  2. Apabila sudah berubah warna dan harum masukkan daging ayam. Tumis hingga warna daging ayam berubah.
  3. Apabila sudah masukkan juga udang kemudian tambahkan bakso yang sudah di potong-potong.
  4. Bisa di masukkan saos tiram, kecap ikan, garam, gula kemudian merica.
  5. Kemudian sayuran bisa dimasukkan juga. Tambahkan air agar semua bahan bisa masak secara merata.
  6. Apabila sudah masak silakan diangkat dan siap untuk disajikan.
Resep seperti di atas sangatlah mudah untuk di buat. Kita bisa menambah koleksi menu tambahan untuk keluarga tercinta. Resep capcay kuah, untuk memasak alangkah baiknya sayur dimasak agar tidak terlalu matang karena di dalam sayuran terdapat banyak gizi jadi setengah matang saja agar tidak hilang.

Cara membuat seperti itu memang bagus karena memang rasa dan tekstur yang dihasilkan oleh sayuran tersebut cukup renyah ketika dimakan. Oke sekian dulu tips kali ini tentang bagaimana cara membuat capcay kuah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Baca juga artikel menarik lainnya pada blog ini.

Artikel Menarik : Cara Membuat Bubur Manado

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk

Resep Cara Membuat Masakan Udang Goreng Saus Mentega Enak Sederhana