Resep Cara Membuat Bubur Manado atau Tinutuan Asli Enak

Resep Cara Membuat Bubur Manado

Resep bubur manado, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat bubur manado. Sebelum lebih lanjut mungkin ada sebagian yang belum pernah makan bubur khas ini. Bubur manado atau sering kali di sebut atau dikenal juga dengan nama tinutuan. Makanan ini merupakan makanan khas Indonesia. Jadi Indonesia ini memang kaya sekali akan kulinernya termasuk salah satu masakan yang satu ini Bubur manado.

Cara membuat bubur manado yang nantinya akan kita pelajari dan dibuat sendiri, makanan khas berasal dari Sulawesi Utara tepatnya daerah Manado. Sering kali atau beberapa orang menyebutkan bahwa tinutuan adalah makanan khas yang berasal dari Minahasa atau Sulawesi utara. Tinutuan dibuat dari berbagai macam bahan campuran seperti berbagai macam sayuran yang tidak mengandung daging. Sehingga makanan ini bisa dijadikan makanan pergaulan antar kelompok yang terdapat di masyarakat Manado.

Resep Bubur Manado, Cara Membuat Bubur Manado

Resep bubur manado biasanya disajikan sebagai sarapan pagi serta dihidangkan dengan beberapa hidangan pelengkap. Beberapa bahan sajian yang dapat disandingkan dengan tinutuan antara lain ikan asin, perkedel nike, sambal roa, ikan cakalang fufu atau juga tuna asap dan perkedel jagung yang juga kita bisa buat sendiri. Selain itu tinutuan atau bubur manado ini bisa juga disajikan dengan makanan seperti mie atau sup kacang merah, mantap sekali bukan..
Baca Juga : Resep Sop Buntut
Cara membuat bubur manado, dari bahan yang digunakan memang sudah terasa mantap, apalagi kalau bisa membuatnya. Pada kesempatan kali ini memang sengaja akan kita bahas bagaimana cara membuatnya dan bahan apa saja yang akan digunakan. Bagi anda yang memang penasaran sekali ingin bisa membuat sendiri, jangan khawatir pada kesempatan kali ini kita akan bahas tuntas mengenai bubur Manado. Seperti apa yuk kita simak terus...

Resep yang memang mantap untuk kita jadikan menu spesial dan dihidangkan di rumah. Tentu saja untuk membuat makanan spesial ini kita perlukan bahan-bahan terlebih dahulu. seperti apa bahannya bisa kita simak di bawah ini..

Resep Bubur Manado

Bahan Ukuran
Daun Kangkung 50 gram
Daun Kemangi 25 gram
Ubi Jalar Merah 100 gram
Daun Bayam 50 gram
Bawang Putih 1 siung
Labu Kuning 100 gram
Jagung Manis 100 gram
Lada secukupnya
Garam secukupnya
Beras 100 gram
Air 2 liter
Cara membuat juga sangat simpel sekali. Beberapa langkah saja sudah bisa menikmati hasil yang mantap. Seperti apa resepnya silakan simak di bawah ini.

Cara Membuat Bubur Manado

  1. Memasak beras setengah matang menggunakan air yang dicampur dengan garam. Setelah setengah masak masukkan bawang putih, labu kuning, ubi merah, kemudian jagung. Aduk kembali hingga benar-benar rata. Masak hingga lunak.
  2. Apabila sudah bisa menambahkan merica kemudian sisa sayuran juga dimasukkan. Aduk kembali dengan rata sampai sayuran matang dan bubur mengental. Apabila sudah matang bisa diangkat.
  3. Bubur manado siap untuk disajikan.
Resep tersebut di atas baiknya disajikan dengan beberapa pendamping seperti ikan asin yang sudah digoreng kemudian tambahkan sambal tomat. Pastinya sangat mantap dan menggugah selera. Resep bubur manado bisa menjadi pilihan yang cocok buat menu anda. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit.

Sekian dulu tips kali ini dari saya tentang cara membuat bubur manado. Kita sambung lagi dengan resep menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Beberapa waktu yang lalu kita juga tulis juga artikel menarik lainnya tentang resep masakan yang bisa di temukan di blog ini.

Artikel Menarik : Cara Membuat Garang Asem

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Gado Gado Siram Spesial Jawa Timur Enak

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk