Resep Cara Membuat Cakwe Lembut Mini Sederhana

Resep Cara Membuat Cakwe

Resep cakwe, pada kesempatan kali ini kita akan membuat makanan tradisional. Makanan tradisional ini berasal dari Tionghoa. Makanan yang memang khas ini bernama Cakwe. Sudah tahu bukan, apabila anda pencinta kuliner mestinya sudah populer dengan makanan yang satu ini. Namun, apabila bagi anda yang belum tahu bisa memperhatikannya terus karena kita akan kupas tuntas mulai dari bahan apa saja yang digunakan sampai cara pembuatannya.

Cara membuat cakwe yang tidak terlalu sulit untuk di coba. Sebelum membuatnya anda mungkin harus tahu Cakwe merupakan dialek dari Hokkian yang artinya Hantu yang digoreng. Ehehe.... serem bukan, masak ada hantu digoreng. Tenang saja, itu hanya istilah nama ini memang erat sekali dan berhubungan dengan asal usul yang mempunyai nilai sejarah.

Resep Cakwe, Cara Membuat Cakwe

Resep cakwe, tentu anda penasaran tentang sejarah ini. Oke sedikit cerita cakwe populer di jaman Dinasti Song, yang awal mulanya dari meninggalnya Jenderal Yue Fi yang memang terkenal sekali dengan nasionalismenya pada jamannya. Dengan akibat fitnahan Perdana Menteri Qin Hui. Setelah mendegar bahwa Jenderal You Fei meninggal, rakyat Tiongkok yang kemudian membuat adonan kecil berjumlah 2 batang di mana adonan tersebut dibuat dari tepung beras yang artinya melambangkan Qin Hui dan istrinya kemudian adonan yang dibuat tadi digoreng hingga matang kemudian dimakan. Cakwe merupakan simbolis kebencian rakyat terhadap Qin Hui.
Baca Juga : Resep Ayam Goreng Mentega
Cara membuat cakwe, tentunya makanan ini masih bersitat sejarah. Namun, apabila anda penasaran dengan makanan ini anda bisa membuatnya. Anda bisa membuat sendiri di rumah dengan menyiapkan bahan dan melihat cara membuatnya sebagai berikut kami bahas. Simak terus ya..

Resep anda bisa perhatikan di bawah ini, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. berikut ini detail bahan yang harus di lengkapi. Bahan-bahannya tidak terlalu sulit di dapat, di pasaran sudah ada jadi anda bisa mengunjungi pasar atau toko terdekat untuk mendapatkannya. Simak terus ya...

Resep Cakwe

Bahan Ukuran
Garam secukupnya
Air 350 ml
Bawang putih goreng tumbuk halus 2 sendok teh
Soda kue 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sendok makan
Ragi instan 1 sendok teh
Tepung terigu protein sedang 150 gram
Tepung terigu protein tinggi 350 gram
Untuk cara membuat, anda bisa memperhatikan langkah-langkah di bawah ini. Tentu saja untuk membuatnya anda bahan di atas sudah disiapkan terlebih dahulu dengan lengkap. Karena kelengkapan bahan bisa lebih mudah dalam pembuatan cakwe ini. Seperti apa yuk simak terus..

Cara Membuat Cakwe

  1. Langkah pertama untuk membuat cakwe yang enak yaitu dengan mencampur bahan terlebih dahulu di dalam tempat yang benar-benar bersih.
  2. Selanjutnya bisa diikuti dengan menuangkan air sedikit demi sedikit hingga bahan tercampur dengan rata. Uleni terus sampai hampir terbentuk dan kalis. Diamkan beberapa menit hingga adonan mengembang.
  3. Selanjutnya anda bisa membentuk adonan yang tadi sudah dibuat dengan kreasi anda sendiri sehingga tampak lebih khas.
  4. Adonan yang sudah dibentuk siap untuk di goreng hingga matang. Goreng dengan menggunakan api kecil. Apabila sudah matang angkat dan siap untuk disajikan.
Resep, sudah anda buat. Sebenarnya anda bisa mendapatkan cakwe ini di berbagai toko yang menjual makanan. Tentunya yang menyediakan menu cakwe, cakwe memang sudah menyebar luas di Indonesia. Berbagai resep cakwe dan cara membuat beraneka ragam tergantung kreasi dari si pemuatnya.

Tiap daerah mempunyai rasa yang khas tentunya, oke sekian dulu tips kali ini tentang bagaimana cara membuat cakwe. Semoga bisa menjadi referensi yang baik. Dan selamat mencoba. Anda bisa membaca artikel menarik Lainnya pada blog ini.

Artikel Menarik : Cara Membuat Cimol

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Gado Gado Siram Spesial Jawa Timur Enak

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk