Resep Cara Membuat Gado Gado Siram Spesial Jawa Timur Enak

Resep Cara Membuat Gado Gado

Resep gado gado, yupz gado-gado, kalo makanan ini pastinya sudah pernah mencoba dong. Gado-gado menyebar sangat luas di Indonesia sekaligus menjadi makanan khas. Seperti kita lihat di sekitar kita gado-gado sudah banyak yang menjual dan menjajakannya. Gado-gado berasal dari Jawa makanan ini mempunyai ciri khas sayur-sayuran yang direbus kemudian di jadikan satu dan diberi bumbu. Bumbu kacang merupakan bumbu yang digunakan dan pas sekali dengan isinya atau bisa juga menggunakan saus kacang tanah yang sudah dihaluskan sebelumnya. Beberapa pelangkap lainnya ikut meramaikan seperti telur yang diiris, bawang goreng, dan emping yang pasti rasanya sangat mantap dah.

Cara membuat gado gado yang diolah sedemikian rupa. Pada umumnya bahan yang digunakan untuk membuat gado-gado adalah kentang rebus. Kentand direbus kemudian dikupas kulitnya dan diiris dan disertakan pada gado-gado. Gado-gado bisa dimakan menggunakan nasi atau dimakan begitu saja yaitu seperti seperti salad dengan menggunakan bumbu atau saus kacang kadang juga disajikan dengan menggunakan lontong.

Resep Gado Gado, Cara Membuat Gado Gado

Resep gado gado yang bisa dibuat, karena memang rasanya begitu menggoda selera karena memang mantap. Dengan taburan bawang diatasnya membuat makanan semakin gurih. Untuk sayuran yang bisa digunakan antara lain seperti kubis, bunga kol, kacang panjang, taoge dan berbagai macam sayuran yang lainnya.
Baca Juga : Resep Semur Daging
Cara membuat gado gado yang memang sudah tidak sabar ingin segera membuatnya. Mulai kemaren memang sudah kepingin. Biasa kita beli di sekitar rumah karena banyak yang menjual. Pada umumnya gado-gado di jual pada pagi sampai agak siang sekitar sampai jam 3 siang. Jadi untuk malam memang jarang ditemui. Kurang tahu juga untuk di daerah lainnya mungkin tidak sama. Namun, untuk gado-gado ini kurang lebih sama untuk bahannya.

Resep yang sudah ditunggu-tunggu, seperti apa resepnya sih, anda bisa memulainya dengan mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Seperti apa bahannya, silahkan simak kami catat detail bahan berikut ini.

Resep Gado Gado

Bahan:
Bahan Ukuran
Krupuk secukupnya
Emping melinjo secukupnya
Wortel secukupnya
Tauge secukupnya
Timun (tidak usah direbus) secukupnya
Kol secukupnya
Telur secukupnya
Kacang panjang/Buncis secukupnya
Kentang secukupnya
Kangkung secukupnya
Bumbu:
Bahan Ukuran
Santan 400 ml
Air 200 ml
Serai 2 batang
Daun jeruk 3 lembar
Bumbu Saus :
Bahan Ukuran
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Kecap manis 3 sendok makan
Gula Jawa 150 gram
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 4 siung
Bawang bombay) 1 buah
Kacang tanah goreng 250 gram
Cara membuat yang menggugah selera ini bisa dilanjutkan. Bagaimana bahannya sudah terkumpul, apabila sudah, yuk kita buat. Ikuti step-step berikut ini.

Cara Membuat Gado Gado

  1. Langkah-langkah untuk membuat gado-gado ini sangatlah mudah yang pertama kita mulai dengan merebus sayuran yang sudah disiapkan diatas terlebih daulu hingga benar-benar matang karena memang sayur-sayuran ini akan menjadi bahan utama dari pembuatan gado-gado ini.
  2. Selanjutnya bisa dianjutkan dengan membuat bumbu, tumis bumbu yan sudah dihaluskan sebelumnya dengan menggunakan sedikit minyak hingga benar-benar harum, kemudian masukkan daun jeruk kemudian serai lalu masukka air dan terakhir santan.
  3. Tahap terakhir adalah sayuran yang sudah matang disiapkan diatas piring dengan mengupasnya terlebih dahulu, kemudian membuat potogan telur, tambahakan juga kerupuk dan emping. Selanjutnya sirami bumbu diatasnya hingga rata.
  4. Gado-gado siap untuk dihidangkan.
Resep yang sudah dibuat diatas siap untuk disantap. Rasaya yang maknyus membuat lebih nafsu untuk makan. Bagi anda yang suka pedas bisa menambakan cabe pada bumbunya. Resep gado gado dan cara membuat yang tidak begitu sulit. Bisa anda sajikan bersama dengan keluarga tercinta.

Apalagi ditambah dengan minuman yang dingin, uuhh.. rasanya mantap sekali. Oke demikian resep kali ini tentang bagaimana cara membuat gado gado yang mantap. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba. Oya, kami juga sudah banyak menulis artikel menarik lainnya yang bisa anda coba dan rasanya tidak kalah enak dengan resep gado-gado ini seperti yang sudah saya tulis di blog ini.

Artikel Menarik : Cara Membuat Donat JCO

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk

Resep Cara Membuat Masakan Udang Goreng Saus Mentega Enak Sederhana