Resep Cara Membuat Semur Daging Sapi Kecap Enak Empuk Khas Betawi

Resep Cara Membuat Semur Daging

Resep semur daging yang dengan seiring perkembangan yang ada kini semur sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia kemudian dihidangkan dengan berbagai perhelatan adat istiadat yang ada. Sebagai masyarakat Betawi semur sudah dijadikan sebagai tradisi yang dihindangkan apa waktu lebaran ataupun acara seperti perkawinan dan acara lainnya. Selain itu semur selain sebagai pilihan yang sudah sering sekali menjadi primadona dalam budaya Betawi. Kalau diperhatikan semur juga muncul di acara-acara perayaan berbagai penjuru nusantara seperti di daerah Kalimantan dan Sumatera. Tentunya dengan rasa dan tampilan yang disesuaikan dengan adat dan masyarakat yang terdapat pada daerah tersebut.

Cara membuat semur daging, yang memang sebagai salah satu kuliner yang diwariskan secara turun temurun. Semur sudah menjadi identitias masyarakat tertentu di berbagai interaksi suku bangsa Indonesia. Jadi dapat kita simpulkan bahwa semur merupakan identitas budaya kuliner Indonesia. Semur sudah menjadi sajian sehari-hari di Indonesia. Jadi apabila anda keliling ke berbagai daerah di Indonesia dan mencoba kuliner semur ini pastilah tidak sama karena memang ciri khas dalam setiap daerah memang bebeda-beda dan cita rasa yang khas masing-masing.

Resep Semur Daging, Cara Membuat Semur Daging

Resep semur daging yang dioleh pekat dengan warna coklat pekat sebagai ciri khas dari semur ini. Untuk kreasinya bisa menggunakan daging sapi, daging kambing, telur, ayam, ataupun bahan nabati lainnya yang bisa di kreasikan seperti tempe, terong atau sayuran lainnya. Di Indonesia semur sudah menjad bahan sajian sehari-hari untuk disuguhkan.

Cara membuat semur daging yang sudah memang tidak sabar lagi ingin segera bisa dinikmati. Kita akan coba membuat semur sendiri, kami akan sajikan bahan dan resep lengkap disini. Jadi tentu bisa dijadikan referensi dalam membuat semur yang mantap. Seperti apa silahkan simak terus ya.

Resep yang pertama kali harus disiapkan untuk membuat semur adalah dengan menyiapkan bahan terlebih dahulu. Untuk bahannya kita bisa lihat detailnya seprti dibawah ini.

Resep Semur Daging

Bahan Ukuran
Minyak untuk menumis secukupnya
Bawang merah iris halus 12 butir
Daging sengkel di potong dadu 600 gram
Garam 1 sendok teh
Kecap manis 75 ml
Kayu manis 3 cm
Cengkih 3 butir
Biji pala memarkan 1 buah
Air 1 liter
Daun salam 2 lembar
Bumbu di haluskan:
Bahan Ukuran
Jinten ¼ sendok teh
Ketumbar sangrai haluskan 2 sendok teh
Kemiri goreng 5 butir
Jahe 3 cm
Bawang putih 5 siung
Taburan:
Bahan Ukuran
Bawang merah goreng 2 sendok makan
Cara membuat dan memasaknya juga mudah beberapa step yang bisa anda lewati dengan mudah. Sehingga nantinya akan dihasilkan semur dengan rasa yang nikmat dan mantap. Berikut ini coba perhatikan caranya.

Cara Membuat Semur Daging

  1. Pertama kali kia coba panaskan minyak goreng terlebih dahulu untuk menumis bahan seperti bawang merah, bumbu halus dan daun salam hingga layu dan harum.
  2. Selanjutnya tuangkan air kedalam tumisan dilanjutkan dengan mamasukkan biji pala, kemudian cengkih, kecap manis, garam, dan kayu manis. Aduk beberapa kali hingga benar-benar rata.
  3. Setelah itu daging boleh dimasukkan. Masak daging yang dicemplungkan kedalam bumbu hingga empuk dan cairannya menjad kental.
  4. Sesekali silahkan cicipi mungkin ada yag kurang. Apabila kurang bisa menambahakan penyedap rasa seperti garam, dan lainnya. Apabila sudah masak silahkan angakat dan semur siap untuk disajikan.
Resep yang simple dan mantap untuk membuat semur. Indonesia dulunya dikenal sebagai negara yang strategis berada di tengah-tengah jalur perdangan dunia sehingga dikenal seagai dan memiliki kekayaan rempah-rempah yang melimpah dan alami.

Resep semur daging sudah sangat cocok sekali di Indonesia ini dan berkembang. Cara membuat yang juga berneka ragam namun masih tetap sejenis.

Oke demikian sharing kali ini tentang cara membuat semur daging semoga bermanfaat. 

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk

Resep Cara Membuat Masakan Udang Goreng Saus Mentega Enak Sederhana