Resep Cara Membuat Siomay Kukus Udang Enak Sederhana

Resep Cara Membuat Siomay

Resep siomay, bagi anda yang suka makanan jalanan biasanya siomay sering terlihat disekitar kita. Bahkan tidak jarang anda sering jajan makanan yang satu ini. Siomay yang sering populer dan sering kita konsumsi. Secara tidak sadar anda mungkin makan dan jajan saja. Namun, tahukah anda siomai atau orang juga sering sebut siomay merupakan makanan dengan jenis dim sum. Dalam bahasa mandarin disebut juga dengan shaomai. Kalau bahasa katonnya disebut juga dengan siu maai.

Cara membuat siomay dengan kulitnya yang khas kalau diperhatikan sepintas seperti kulit pangsit. Jadi bagi anda penggemar siomay atau jajanan bisa mencobanya. Siomay sudah menyebar di Indonesia. Berbagai variasi dari makanan ini juga berkembang yang sangat mencolok yaitu dari isinya misalnya siomay tenggiri, siomay udang, siomay ayam, siomay kepiting, atau juga dengan dicampur misalnya siomay dengan campuran isi daging ayam dan udang. Jadi memang untuk siomay ini di berbagai daerah bisa berbeda-beda.

Resep Siomay, Cara Memuat Siomay

Resep siomay perlu anda coba. Memang di sekitar banyak yang menjual. Namun, apabila bisa membuat sendiri itu akan menjadi hobi bagi yang memang suka memasak. Menambah referensi, menu serta sajian lebih bervariasi sehingga tidak bosan karena memang ada menu baru walaupun bisa secara mudah di dapat. Siomay juga bisa menjadi menu pilihan yang bisa dihidangkan untuk keluarga tercinta.
Baca Juga : Resep Kue Lapis
Cara membuat siomay yang tentunya inilah yang sangat ditunggu-tunggu dari tadi. Karena juga memang sudah tidak sabar ingin mencoba hasil masakan siomay buatan sendiri. Bukan begitu?... oke kita akan buat langsung saja. Untuk itu simak terus ya agar bisa mendapatkan siomay yang mantap..

Resep untuk membuatnya langkah awal dimulai dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. bahannya seperti detail berikut ini.

Resep Siomay

Bahan Ukuran
Kulit Pangsit 20 lembar
Wortel secukupnya
Bawang Putih 2 siung
Merica (Lada) Bubuk 1 sendok makan
Tepung Sagu 250 gram
Telur Ayam 2 butir
Gula Pasir 1 sendok makan
Garam 2 sendok makan
Penyedap Rasa Jamur 1 sendok teh
Minyak Wijen 1 sendok makan
Kecap Asin 1 sendok makan
Udang 250 gram
Fillet Dada Ayam 500 gram
Bengkuang 1 buah
Cara membuat bisa di perhatikan dengan seksama, detailnya saya tulis dibawah ini. Silahkan perhatikan agar siomay yang dihasilkan bisa benar-benar makyusss....

Cara membuat siomay

  1. Untuk membuat siomay yang enak pertama-tama yaitu dengan mencampur bahan seperti ayam, udang, telur bengkoang serta semua bumbu yang sudah disediakan di atas. silahkan aduk hingga benar-benar rata dan tercampu dengan baik.
  2. Selanjutnya anda bisa mencampur dengan tepung sagu. Aduk lagi hingga tepung tercampur dengan bahan lainnya hingga rata.
  3. Pada lembaran kulit pangsit kemudian isikan selanjutnya dengan menggunakan sedikit kreatifitas untuk menghias siomay dengan wortel parut yang di taruh di atasnya.
  4. Dilanjutkan dengan proses pengkukusan apabila sudah siap. Silahkan kukus hingga beberapa menit hingga kulit pangsit terlihat bening. Itu tandanya sudah matang. Apabila sudah matang angkat dan siap untuk disajikan.
  5. Membuat sambal bawang putih yaitu dengan merebus cabe merah kemudian dihaluskan dicampur dengan bawang putih ditambah dengan garam. Selanjutnya beri air hangat secukupnya beri bumbu secukupnya seperti cuka, gula dan garam sesuai dengan selera.

Resep sudah kita buat dengan baik. Untuk mendapatkan rasa yang lebih mantap dan komplit kita bisa menyajikannya dengan menambahkan beberapa bahan pelengkap. Untuk pelengkapnya antara lain bisa menggunakan telur ayam rebus, atau bisa juga dengan sayuran seperti kentang, kubis dan peria. Pelengkap disajikan secara hangat, jadi sebelum disajikan baiknya di kukus terlebih dahulu agar lebih mantap. Resep siomay dan cara membuat yang bisa disajikan dengan siraman saus kacang yang terbuat dari kacang tanah yang sebelumnya di haluskan dan di encerkan dicampur dengan air.

Oke itu saja sharing kali ini cara membuat siomay, anda bisa mencobanya dirumah. Jadi tidak perlu beli diluar sehingga lebih kreatif untuk membuat sendiri. Demikian semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Beberapa artikel terbaik lainnya yang tidak kalah enaknya di blog ini.

Artikel Menarik : Cara Membuat Sayur Sop

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Gado Gado Siram Spesial Jawa Timur Enak

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk