Resep Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut Lembut

Resep Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut Lembut

Kue sarang semut, unik juga ya namanya. Sarang semut kok jadi kue, entah dari mana nama tersebut muncul. Namun, kalau di perhatikan bentuk kue menyerupai sarang semut sehingga masyarakat menyebutnya dengan kue sarang semut. Mungkin sahabat tentunya sudah pernah mencicipi, apalagi kue sarang semut ini sudah muncul sejak lama dan sudah populer di kalangan masyarakat. Dari namanya saja sudah mempunyai ciri khas tersendiri apalagi dengan rasanya.

Memang seperti apa rasanya, rasa yang dimiliki oleh kue sarang semut tidak kalah menarik dan unik dengan penampilannya. Kue yang mempunyai ciri khas berongga dan lembut ini menjadi daya tarik tersendiri. Kue sarang semut juga sudah banyak di jual di berbagai toko kue terdekat jadi apabila sahabat benar-benar penasaran dengan kue yang satu ini silakan meluncur ke toko kue.

kue sarang semut, resep kue sarang semut, cara membuat kue sarang semut


Kue sarang semut juga cocok di sajikan dalam keadaan sedang bersantai misalnya lagi berkumpul bersama keluarga tercinta, atau juga mungkin kerabat mau datang ke rumah, pas lagi nonton televisi di barengi dengan kue sarang semut atau bisa juga lagi bersantai sedang baca koran di depan rumah sambil minum teh sehingga suasana jadi terasa asyik banget.
Baca Juga : Resep Ayam Penyet
Selain penasaran dengan nama, atau bentuk yang dimiliki oleh saran semut. Anda pasti berpikir bagaimana cara membuat kue sarang semut kok bisa ada rongga di dalamnya. Tentu saja bagi sahabat yang ingin mencoba tentu saja dibutuhkan kerja keras, belajar dan berlatih sehingga menghasilkan kue yang sesuai dengan keinginan kita. Namun, ada sebagian yang menyerah mencoba dan kecewa karena tidak berhasil membuat rongga pada kue sarang semut. Terkecuali sahabat memang sudah bisa membuat itu tidak masalah, mungkin sekali buat langsung jadi.

Apabila sahabat memang benar-benar penasaran, pada kesempatan dan artikel kali ini sengaja posting berbagi resep kue sarang semut. Cara membuat kue sarang semut ini menggunakan karamel yang lembut. Berikut perhatikan di bawah ini :

Resep Kue Sarang Semut

Bahan Ukuran
Tepung terigu 75 gram
Tepung maizena 25 gram
Garam 1/4 sendok teh
Air panas 200 ml
Margarin yang diaduk menggunakan garpu hingga lembut 50 gram
Susu kental manis 75 ml
Baking powder 1/2 sendok teh
Gula pasir 200 gram
Soda kue 1 sendok teh
Telur ayam yang di kocok 3 butir

Cara Membuat Kue Sarang Semut

  1. Pertama yaitu mencairkan gula pasir dalam panci berukuran kecil sehingga gula mencair hingga berwarna kecoklatan.
  2. Selanjutnya masukkan karamel hingga larut bersama dengan air panas kemudian apabila sudah bisa di angkat kemudian dinginkan. Rebusan yang sudah dingin bisa di saring hingga menghasilkan kurang lebih sebanyak 250 ml.
  3. Melakukan pengovenan, untuk itu siapkan loyang cincin kurang lebih ukurannya 16 cm yang sebelumnya sudah di bersihkan kemudian di oles dengan margarin dan di beri taburan tepung terigu di atasnya hingga merata. Kemudian loyang di panaskan dengan suhu 180 derajat.
  4. Siapkan juga wadah yang lain itu megayak tepung terigu, soda kue, baking powder, tepung mazeina dan garam. Apabila sudah masukkan juga telur ayam dan karamel secara perlahan dan di aduk dengan whiser hingga rata dan licin.
  5. Masukkan juga margarin, tambahkan susu kental manis dan aduk hingga merata kemudian siap di tuangkan dalam cetakan loyang. Dan akhirnya siap untuk di oven, proses pengovenan kurang lebih memakan waktu sekitar 45 menit hingga matang. Setelah matang angkat dan dinginkan untuk di sajikan.
Demikian, cara membuat kue sarang semut yang begitu sederhana ini akan membuat anda tersenyum setelah jadi. Karena kuenya unik, lucu dan enak. Kemauan anda untuk mencobalah yang membuat anda bisa. Semoga tips kali ini bermanfaat bagi sahabat, selamat mencoba dan semoga berhasil. 

Artikel Menarik : Cara Membuat Bika Ambon

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk

Resep Cara Membuat Masakan Udang Goreng Saus Mentega Enak Sederhana