Resep Cara Membuat / Memasak Tumis Kangkung Terasi

Resep Cara Membuat / Memasak Tumis Kangkung Terasi

Salah satu tumis yang sering di buat sajian selain kacang panjang yaitu tumis kangkung. Tumis kangkung juga tidak kalah enak dengan tumis kacang panjang. Terbukti sebagian dari masyarakat kita membudidayakan di area pekarangan maupun di sawah yang tujuannya agar bisa di panen dan di masak. Dengan memanfaatkan lahan kosong terbukti bahwa tumis kangkung banyak diminati oleh kalangan kita tidak terkecuali orang yang berada di kota juga.

tumis kangkung,resep tumis kangkung,cara membuat tumis kangkung,cara memasak tumis kangkung

Kangkung juga sering di temui di pasar jadi tidak perlu khawatir lagi apabila ingin menikmati tumis kangkung bisa langsung membelinya di pasar terdekat di daerah sahabat. Resep tumis kangkung juga tidak jauh beda dengan tumis kacang panjang namun ada bumbu tambahan spesial di sini agar rasanya semakin mantap. Bumbu tersebut adalah terasi.

Pilihlah terasi dengan kualitas baik agar rasanya benar-benar maknyus. Sahabat juga bisa memilih jenis terasi yang memang diminati atau terasi favorit yang sering sahabat gunakan. Dengan mencampur bahan ini aroma yang di hasilkan oleh tumis kangkung akan lebih kuat dan unik. Selain itu rasanya juga tidak kalah enak pasti sahabat akan lahap sekali dengan resep tumis kangkung yang sahabat buat sendiri di rumah.

Saya sudah tahu sahabat pasti sudah lapar dan ingin segera mencicipi menu masakan tumis kangkung ini. Untuk itu sengaja saya sudah merangkum bahan yang diperlukan langsung saja siapkan bahan-bahan berikut :

Resep Tumis Kangkung

  • 3 ikat kangkung
  • 3 buah cabai merah besar yang sudah diiris miring
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 buah tomat dipotong panjang
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 50 ml air
Bumbu Halus:
  • 1 sendok teh terasi digoreng
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Cara Membuat Tumis Kangkung

  1. Dari bahan yang sudah di siapkan di atas ambil bumbu halus terlebih dahulu untuk di masak. Tumis hingga harum dan tambahkan beberapa bahan lainnya seperti bawang merah dan tomat hingga layu.
  2. Kangkung yang sudah di cuci bersih dan di potong bisa di masukkan di tumis degan bumbu tadi. Tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk untuk perasanya. Aduk kembali hingga empuk dan layu.
  3. Tambah sedikit air dan tutup menggunakan tutup panci hingga beberapa lama tujuannya agar kangkung masak merata dan bumbu meresap dengan baik. Sesekali di aduk.
  4. Apabila air tinggal sedikit angkat tutup kemudian aduk-aduk lagi hingga masak dan apabila di rasa sudah pas bisa di angkat dan siap untuk di hidangkan.

Resep tumis kangkung bisa di jadikan menu atau sajian andalan beberapa hari agar tidak bosan. Selain itu mudah di dapat rasanya juga cocok sekali buat keluarga terlebih lagi harganya yang relatif murah dan terjangkau jadi pas buat di kantong. Apabila sahabat mempunyai lahan kosong tidak ada salahnya di tanami kangkung agar nantinya ketika sudah dapat beberapa hari kangkung siap untuk di panen dan di masak.

Resep kangkung yang begitu sederhana dan spesial menggugah selera ini tentu saja akan sangat bangga apabila bisa sahabat coba dan di sajikan untuk teman makan bersama keluarga tercinta. Demikian semoga bermanfaat dan selamat makan.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Cara Membuat Bika Ambon Medan Mini Praktis Panggang Klasik Sederhana

Resep Cara Membuat Donat JCO Asli Empuk

Resep Cara Membuat Masakan Udang Goreng Saus Mentega Enak Sederhana